Untuk Menjaga Solidaritas Untuk Keadilan Ekologi di NTB, PC IMM Kota Mataram Gelar Dialog Publik.

Untuk Menjaga Solidaritas Untuk Keadilan Ekologi di NTB, PC IMM Kota Mataram Gelar Dialog Publik.
PC IMM Kota Mataram Gelar Dialog Publik 


Mataram,(Beritantb.com) - Untuk menjaga soliditas dalam melawan humanisasi untuk keadilan ekologi di Nusa Tenggara Barat, Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Mataram melalui Bidang Lingkungan melakukan dialog publik dengan tema"Soliditas Melawan Humanisasi Untuk Keadilan Ekologi di Nusa Tenggara Barat". Acara ini dilakukan di cafe samata kota Mataram.Senin,25/03/2024.


Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa narasumber di antaranya, Kepala Bidang Planologi dan Pemanfaatan hutan DLHK NTB Burhan, S.P.,M.M, Pengamat OP Sumber Daya Air Pupr NTB Juraedah Dwi Anggraeni, ST,M.Sc. dan Ketua Asosiasi Masyarakat Peduli Lingkungan Indonesia Ahmad Kutbis Rais, M. Ling. 


Ketua Bidang Lingkungan PC IMM Kota Mataram,Haditya menyampaikan bahwa peran pemuda dapat menjadi mitra penting dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk memastikan kemanfaatan dan keberlanjutan lingkungan dalam pembangunan daerah.


"Pemuda dan mahasiswa memiliki pengaruh besar pada upaya penyelamatan hutan melalui diskusi-diskusi yang cerdas", ungkapnya.


Ia menjelaskan bahwa dialog publik ini merupakan sarana bagi pemuda dan mahasiswa untuk mengupas setiap kebijakan dan permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah kabupaten maupun provinsi dalam menangani kerusakan hutan.


"Mendiskusikan permasalahan dengan tema-tema tertentu yang berkaitan lingkungan akan membuat permasalahan yang kita alami mendapatkan solusi terbaik,"tuturnya.



Senada dengan itu, Ketua PC IMM Cabang Mataram, Muhammad Naser mengatakan bahwa isu lingkungan menjadi isu sentral yang perlu kita diskusikan bersama.  


"Di NTB persoalan lingkungan di NTB sangat memprihatikan sehingga menarik perhatian dari berbagai elemen terutama pemuda dan mahasiswa untuk terus membicarakan dan mendiskusikan.


Ia berharap semoga kedepan pemerintah bersama pemuda tetap bersinergi baik dalam bentuk kolaborasi program kerja maupun dalam bentuk kritik kebijakan demi tercapainya kondisi lingkungan hidup yg lebih baik, khususnya di mataram maupun di ntb secara umum.


Sementara, Pengamat OP Sumber Daya Air PUPR NTB, Juraedah Dwi Anggraeni, ST,M.Sc. mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik untuk terus dilakukan oleh pemuda dan mahasiswa,Salah satunya dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Mataram.


"IMM sebagai wakil generasi muda dari muhammadiyah perlu tampil didepan berdiskusi untuk memberi saran dan masukan jika dianggap ada hal yang perlu dikritis," ungkapnya.


Lanjut, ia menjelaskan bahwa generasi muda sebagai penerus juga perlu ambil peranan agar masalah yang terjadi saat ini tidak terulang kedepannya dan lingkungan dapat terjaga sehingga pembangunan berjalan baik dan masyarakat sejahtera.


"Kolaborasi dan sinergitas antara pemerintah dengan pemuda dan mahasiswa perlu di kuatkan lagi demi menjaga keberlangsungan pembangunan daerah", katanya.


Sedangkan, Kepala Bidang Planologi dan Pemanfaatan hutan DLHK NTB Burhan, S.P.,M.M, menyampaikan bahwa kami sangat mengapresiasi dan mendukung peran pemuda untuk bersinergi dengan pemerintah dalam upaya perbaikan lingkungan dan kehutanan.


"Peran pemuda diharapkan dapat menjadi Agent Perubahan, sebagai Fasilitator dan Pendamping, serta sebagai Enterpreneur berbasis Hasil Hutan Bukan Kayu dan Jasa Lingkungan serta ekonomi sirkular", ungkapnya.


Dengan adanya berbagai persoalan lingkungan yang sangat Kompleks di NTB,  Maka kita akan terus mengawal setiap kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan. (AI) 

Iklan