Jamaludin Pemuda Asal Bima Wisudawan Terbaik Pascasarjana UIN Mataram Sering Menjadi Pembicara di Forum Internasional

Jamaludin Wisudawan Terbaik Pascasarjana UIN Mataram for Beritantb.com

MATARAM,-
Jamaludin, pemuda kelahiran Donggo 2 Maret 1999. Menjadi lulusan terbaik utama Pascasarjana UIN Mataram di wisuda ke 45 UIN Mataram.

Jamal sapaan akrabnya, menuntaskan studi magister di jurusan Komunikasi Penyiaran Islam dengan IPK sempurna  4.00.

Anak dari pasangan Abas H. Ndano dan Ibu Umiyati, yang berlatar belakang petani di Desa Bumi Pajo Kecematan Donggo, Kab. Bima.

Sebelumnya, pemuda yang akrab di sapa Jamal juga mengenyam pendidikan Strata satu (S1)di  Kampus yang sama. Jama lulus dengan predikat cumlaude pada semester tujuh dan menjadi lulusan terbaik ke dua tingkat universitas.

Dari situlah oleh UIN Mataram ia diberikan beasiswa  S2, di kampus yang sama dengan mengambil program magister Komunikasi Penyiaran Islam atau KPI.


Jamal menempuh S2 Tiga Semester   

Dengan tesisnya yang berjudul "Konstruksi Komunikasi Tokoh Antar Umat Beragama di Dusun Nggeru Kopa Desa Palama Kecematan Donggo Kab. Bima".   Mengantarkan Jamal menjadi lulusan terbaik di Wisuda Pascasarjana program magister di UIN Mataram.

Adapun isi tesisnya berbicara tentang bagaimana kamampuan tokoh antar umat beragama bisa kooperatif dalam mengkonstruksi bina damai dalam pluralitas agama.

Alumni Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Mataram ini menceritakan terkait ketertarikannya untuk melakukan penelitian di desa Nggeru Kopa Desa Palama Kecematan Donggo.

Dusun Nggeru Kopa, kata Jamal adalah  satu-satunya dusun yang ada di kabupaten Bima yang memiliki relasi yang kuat antar umat beragama dengan mayoritas Kristen dan Muslim sebagai minoritas yang sampai detik ini masih memelihara kedamaian.

Selama ini banyak asumsi terkait kabupaten Bima yang secara umum mayoritas penduduknya beragama muslim namun di dusun tersebut Islam menjadi minoritas.
Sehingga hal ini dia menganggap hal itu menarik untuk di kaji dan di teliti.

Jamal juga memandang, "Dusun Nggeru Kopa Desa Palama, Kecematan Donggo sebagai laboratorium sosial dalam mengukur keharmonisan untuk umat beragama, lebih lagi sebagai kearifan lokal yang dimiliki oleh kabupaten Bima," cetusnya saat di jumpai

Jamal juga juga mengungkapkan, bahwa penelitiannya tidak lepas dari bimbingan dan arahan dosen pembimbingnya, Prof. Dr. H. Abdul Wahid M.Ag., MPd., yang merupakan Guru besar bidang Antropologi Agama UIN Mataram, dan Dr. Abdul Amalik M.Ag., MPd.

Prestasi  dan Pembicara di Forum Internasional

Alumni SMA Muhammadiyah Kota Bima ini juga memiliki banyak prestasi, saat S1 ada beberapa Juara yang ia raih, diantaranya Juara satu debat konstitusi tingkat fakultas ushuluddin dan studi agama 2017

Juara bertahan debat konstitusi 2018 tingkat fakultas hingga mewakili kampus UIN Mataram mengikuti omba debat tingkat nasional di acara PIONER di Malang tahun 2019.

Juara 1 lomba Essay tingkat Fakultas 2018.

KING di English Study Club UIN Mataram 2017.

Tidak cukup di situ selama S2 Jamal juga  sering aktif dalam menulis, sehingga mengantarkan dia meraih Juara 2 Nasional penulisan artikel di Pontianak Kalimantan Barat 2022 dalam Acara The First Bapcis 2022 Borneo Annual Paper Competition On Islamic Studies di IAIN Pontianak.

Jamal juga memborong juara di ajang tersebut sehingga menjadi The Best Author and The Best Paper dalam Acara Asean Internasional.

Tidak tanggung-tanggung juga, selama kuliah S2 Jamal juga sering menjadi pembicara dan penulis dalam acara Internasional. Diantaranya, Internasional Conference  At The Five Internasional Colloqium On Interdisiplinary Islamic Studies ( ICIIS 2022).

Graduate Internasional Conference (GIC) 2021 dan 2022.Pernah juga menjadi pembicara dan penulis dalam acara Conference In The First Internasional on Islamic, Law and Society INCOILS II Palembang INDONESIA 2021.

Pernah juga menjadi pembicara dan penulis dalam acara conference in the second internasional on islamic,Law and society INCOILS II Bali INDONESIA 2022.
 
Menjadi as Presenter In The First Internasional  Conference oh Women and Contemporary Issues (Icon Waces) 2022 oleh  LP2M UIN Mataram.

Wisuda  yang ke -45 UIN Mataram ini sekaligus mencetak sejarah pertama ada lulusan dengan nilai yang sempurna yakni diraih oleh Jamaludin hal ini juga disampaikan oleh Rektor UIN Mataram Ketika Yudisium pada tanggal 20 Februari 2023.

Lebih lanjut Jamal sampaikan dalam isi pidatonya terimakasih kepada Allah dan kedua orang tua  yang tak terhingga  karena berkat doa dan dukungan jedua orang tuannya ia bisa berada di titik ini.
 
Dengan Semangat yang ia katakan "your biggest weakness is when you give up and your greatest power is when you try one more time,". "Kelemahan terbesar mu adalah ketika kamu menyerah, dan kekuatan terbesarmu ketika kamu mencoba sekali lagi," ungkap Jamaludin.

Prinsip ini selalu ia terapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam meraih mimpinya
 
Harapan terbesar Jamaludin bisa melanjutkan pendidikan S3 atau doktoralnya. Namun karena keterbatas ekonomi iya mengakui untuk mencari kerja terlebih dahulu.
Diakhir harapannya kiranya iya bisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah. (Aba)



Iklan