Festival UMKM Inkrenesia Sebagai Wadah Memperkuat Model Pemberdayaan UMKM di Lombok Timur



LOMBOK TIMUR, -Komunitas Pelaku UMKM yang bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Lombok Timur, Dinas Kesehatan Lombok Timur, Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Lombok Timur, Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi NTB dan NTB MALL telah menggelar Festival UMKM Industri Kreatif Indonesia (INKRENESIA) di Aula Barat Mahallo Cafe Desa Loyok Kecamatan Sikur. (20/03/2023)

Festival UMKM Industri Kreatif Indonesia (INKRENESIA) ini diadakan sebagai wadah untuk memperkuat model pemberdayaan UMKM yang selama ini telah dijalankan dan sebagai wujud dari apresiasi pemerintah terhadap keberadaan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lombok Timur.

Ika sebagai salah satu dari Komunitas UMKM Lombok Timur menuturkan kegiatan semacam ini patut dikembangkan tandasnya untuk memperkenalkan ke Masyarakat kalau di Lombok Timur memang sudah ada UMKM yang berjalan dan sudah ada produk yang memiliki legalitas dan paling tidak menjadi inspirasi bagi temen-temen UMKM yang baru memula di bidang ini.

Pak Irfan Dilaga selaku Kabid Sapras dan Ekonomi DPMPD dan Dukcapil NTB juga menuturkan "Jadi kami ingin melihat produk nyata UMKM ini berbasis spesifik lokal, berbasis sumber daya alam lokal setempat. nah ini yang perlu didorong lagi dengan Ibu Kadis Perdagangan tadi sudah ada dialog dan melihat ini ada UMKM berbasis rotan bambu kemudian olahan-olahan pangan juga berbasis lokal setempat nah ini yang sangat kami apresiasi sehingga kami bisa hadir untuk melihat langsung kegiatan temu UMKM ini".

Lanjut terang Pak Irfan Dilaga "Ini kami akan dorong kami diskusi tadi dengan Ibu Kadis Perdagangan untuk kualitas kemasan dari prodak ini kemudian konsistensi dengan bahan baku bagi prodak dari Pelaku UMKM ini agar berkesinambungan kita ingin bahan bakunya itu tetap ada, produksi tetap jalan dan pasar sudah terbuka".  


Adapun kegiatan Festival UMKM Industri Kreatif Indonesia (INKRENESIA) ini diadakan satu hari penuh dengan berbagai event seperti Talkshow Belajar Bareng NTB Mall, Lapak Penerbitan NIB Pelaku Usaha dan Pojok Konsultasi Bisnis, Bimbingan Teknis Penyuluhan Pengamanan Pangan oleh Dinas Kesehatan, Bazar Produk UMKM, Peluang Kemitraan Bisnis, Permodalan, Pemasaran, Penghargaan UMKM Inkrenesia, dan Demo Kreasi UMKM. (Zis)


Iklan