Sebagai Eksplorasi Budaya, Museum Negeri NTB Gelar Lomba Fotografi


MATARAM,-
Dalam rangka memperkenalkan Museum, Museum Negeri NTB telah menggelar lomba foto, dengan tema "Museum menyenagkan", yang di mulai 25 Februari sampai 3 Maret 2023.


Lomba fotografi ini juga dirangkaikan dengan lomba mewarnai. Lomba tersebut dimaksudkan untuk membrendingkan museum NTB sebagai tempat yang menyenangkan.

Lomba ini diselenggarakan berdasarakan dua kategori perlombaan yaitu untuk kamera digital dan kamera HP, yang dimana peserta yang mengirimkan foto dari masing-masing kategori sebanyak 134 foto.

Kepala Museum NTB, Ahmad Nur Alamsyah menyampaikan selamat dan apresiasi kepada peserta lomba yang telah menampilkan karya-karya terbaiknya.

"Kami ucapkan selamat kepada para pemenang lomba fotografi. Kami berharap kepada semua peserta agar terus mengembangkan karyanya, terutama jadikan museum sebagai tempat menyenangkan," ucapnya.

Dikatakannya bahwa perlombaan ini digunakan untuk mengekspresikan budaya, yang pada dasarnya fotografi adalah instrumen publikasi. Oleh karenanya, budaya-budaya yang ada di museum perlu untuk diekspresikan dan di publikasikan agar khalayak ramai berkunjung ke museum NTB.

"Melalui lomba fotografi ini merupakan langkah bagi kami untuk mengekspresikan budaya yang ada dengan nilai-nilai kekinian", katanya.

Adapun penilaiannya, lanjutnya, telah melalui banyak proses pertimbangan dari berbagai aspek. Terutama pada aspek interaksi yang bersesuaian dengan tema yaitu menyenangkan.

"Interaksi antara budaya dan pengunjung sangatlah penting,  sebagai upaya untuk menjadikan museum sebagai eksplorasi budaya yang menyenangkan", lanjutnya.

Museum Negeri NTB akan terus merencanakan berbagai event yang menyenagkan. Tentunya menjadikan museum NTB yang sifatnya inklusif bagi semua kalangan masyarakat.

"Kedepannya, kami akan merencanakan event yang lebih besar lagi, bukan hanya di pulau lombok, tapi se- NTB dengan menampilkan cagar budayanya", tutupnya.

Berikut adalah daftar lomba fotografi museum menyenangkan: Kategori kamera digital juta pertama diraih oleh Muhammad Nune Huria Saidl, Kedua Nur Eka Islami dan ketiga Dodi Setiawan. Sedangkan dalam kategori kamera HP juara satu Ajeng Ayu Putri Raihanun, kedua Hamida Lutfiani dan ketiga Hairul Waidah.

Iklan