Desa Tetebatu Perkuat Literasi Keagamaan Ditengah Modernisasi Digital



LOMBOK TIMUR, -Remaja Masjid Syafaaturogibin Desa Tetebatu Selatan dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan melakukan kegiatan Lomba Keagamaan yang dibuka pada 9 April 2023 bertepatan dengan 11 hari terakhir Ramadhan.

Nama kegiatan keagamaan ini adalah Semarak Lomba Keagamaan dan Takbiran Hari Raya Idul Fitri dengan tema “Nuzulul Quran dan Perayaan Malam Takbiran.

Lomba Keagamaan ini diadakan di depan komplek Masjid Syafaaturogibin yang dibuka langsung oleh Kepala Desa Tetebatu Selatan H. Zohri Rahman, SH. M.H. Dengan didampingi staf desa baik Sekdes, Kawil dan tidak lupa Ketua DKM dan Ketua Remaja Masjid Syafaaturogibin sebagai penanggungjawab kegiatan tersebut.

Adapun tujuan dari pengadaan kegiatan keagamaan ini adalah meningkatkan literasi keagamaan di Desa Tetebatu Selatan dimana kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan peran serta pemuda dan komunitas lokal dalam meningkatkan litersi keagamaan di Desa Tetebatu Selatan untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat khususnya terkait literasi keagamaan di tengah arus moderenisasi dan development. 

"Ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa menurut saya sebagai perwakilan dari pemuda dan kegiatan ini selain meningkatkan literasi terhadap agama untuk anak-anak, kegiatan ini juga bisa menjadi suatu upaya meningkatkan sosial antara pemuda/pemudi yang ada di Desa Tetebatu Selatan", ungkap Ali Sodikin selaku ketua panitia pelaksanaan kegiatan tersebut.

Setidaknya ada beberapa rangkaian acara dalam Lomba Keagamaan yang diplopori oleh Remaja Masjid Syafaaturogibin ini diantaranya lomba Tahfiz, Azan, Cerdas Cermat, Peshion Show dan Pawai Akbar serta Lomba Posko yang diadakan pada malam puncak Ramadhan.

Kegiatan semacam ini mesti dilestarikan dan dikembangkan bahkan mesti dibudayakan sebagai wadah pengembangan potensi diri pemuda/pemudi khususnya di desa-desa sehingga menjadi pemuda/pemudi yang berkarakter dan berdaya saing yang mumpuni serta sebagai sarana mengasah kemampuan diri dalam bidang literasi keagamaan. (Zis)

Iklan