Wayan Koster Tolak Israel di ANOC World Beach Games 2023

Gubernur Bali  I Wayan Koster (F - Tangkappan layar IG Wayan Koster)

BALI,-
Gubernur Bali  I Wayan Koster kembali menolak para atlit dari negara Israel. Di ketahui kontingen Israel akan hadir di ANOC World Beach Games Bali pada 5-12 Agustus 2023.

Wayan Koster mengatakan, penolakan yang ia lakukan itu berdasarkan amanat Konstitusi Republik Indonesia dan Peraturan Menteri Luar Negeri (Permenlu).

"Berdasarkan pada konstitusi. Yang kedua dasarnya adalah Peraturan Luar Negeri Nomor 3 Tahun 2019," kata Wayan setelah menghadiri kegiatan di Pura Besakih, Karangasem, Bali, pada Rabu 5 April 2023.

Untuk di ketahui bersama, pada peraturan menteri luar negeri itu disebutkan Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara Israel.

Tidak sampai disitu, dalam permenlu itu juga tertuang larangan untuk pengibaran dan penggunaan bendera, lambang, atribut lainnya negara Israel serta pengumandangan lagu kebangsaan Israel di Indonesia.

"Sebagai suatu entitas sendiri karena diatur dalam peraturan menteri luar negeri tidak boleh menyanyikan lagu kebangsaan (Israel)," tegas Koster.



Iklan