Sinergi KKN Unram, Karang Taruna TBS, dan Pemdes di Festival UMKM TBS


Potret prosesi pembukaan Festival UMKM TBS dipandu oleh KKN Unram



BeritaNTB.com, -KKN Universitas Mataram (Unram) bersinergi dengan Karang Taruna Safta Satya Adhiguna dan disupport oleh Pemerintah Desa Tetebatu Selatan sukses gelar "Festival UMKM Rakyat TBS".


 Terpusat di rest area Tetebatu Selatan, Festival ini akan berlangsung selama 9 hari dari tanggal 29 Juli s/d 6 Agustus 2023 yang dimulai dari pukus 16.00-22.00 WITA.


Kepala Desa Tetebatu Selatan H. Zohri Rahman ketika dikonfirmasi awak media menyampaikan bahwa Kegiatan ini merupakan wadah untuk memberikan ruang kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk di Desa Tetebatu Selatan (TBS) untuk menjajakan produknya.


"Ini adalah langkah awal untuk memberikan ruang kepada para pelaku UMKM TBS dan diikuti pula oleh Sahabat Seponjol, sehingga nanti masyarakat terhibur dan acaranya meriah", ungkapnya.


Kegiatan semacam ini nantinya kata H. Zohri akan tetap berkelanjutan, dimana nanti Pemdes melalui Bumdes akan membaurkan grobak yang dapat disewa oleh pelaku UMKM lokal. Kemudian produk-produk di luar UMKM lokal nantinya Pemerintah Desa akan mengusahakan bagaimana cara dan sistemnya agar masyarakat dapat hasil dari usaha itu.



"Insyaallah, kita berencana Bazar seperti ini akan diadakan sekali tiga bulan sehingga diharapkan akan tetap meriah", tegasnya.


Lalu Agus Salim selaku Sekretaris Karang Taruna Tetebatu Selatan juga menyampaikan terkait tujuan  diadakannya Festival UMKM ini adalah sebagai salah satu cara mempromosikan produk lokal UMKM masyarakat Tetebatu Selatan.



Kegiatan ini terangnya, awalnya digagas oleh kawan-kawan KKN Unram dimana kegiatannya berlangsung dua hari. Kemudian dilanjutkan Karang Taruna Tetebatu Selatan dan ibuk-ibuk PKK selama seminggu.


"Jadi, kita berkolaborasi dengan teman-teman KKN Unram untuk bersama-sama memeriahkan dan mensukseskan kegiatan ini", terangnya.


Senada dengan itu, ketua KKN Unram Hartadi Rahman mengatakan dalam hal ini KKN Unram sebagai inisator atau perintis dalam kegiatan "Festival Raya TBS" yang disambut baik oleh Karang Taruna dan Pemdes Tetebatu Selatan.


Festival ini terdiri dari beberapa serangkaian acara yakni Bazar UMKM, Band (Hiburan), Workshop, Pelpasan Merpati dan Jalan Sehat.


Hartadi Rahman juga menuturkan selain Festival UMKM KKN Unram juga memiliki program lainnya yakni Katalog UMKM yang nantinya akan dibuatkan sejenis website sehingga nantinya bisa diakses oleh semua orang.


"Jadi, semua program di Tetebatu Selatan ini kami survei kemudian kita masukkan ke dalam katalog, nanti akmi buatkan website", terangnya.

Iklan