KKN UGR Launching TBM (Dusun Tibuk Kesambik, Desa Lepak Timur)



LOMBOK TIMUR, - Launching Taman Baca Masyarakat (TBM) Haqqul Yakin Desa Lepak Timur Dusun Kesambik sebagai bentuk atensi untuk mendorong minat baca dan literasi di wilayah tersebut. (23/08/2023).


Kegiatan yang diinisiasi oleh Mahasiswa KKN Universitas Gunung Rinjani (UGR) ini cukup menarik dan sangat disambut baik oleh masyarakat terlebih-lebih para pemuda yang cukup memberikan atensi lebih terhadap kegiatan tersebut sehingga launching dari TBM ini bisa diselenggarakan.


Melalui program KKN kami dari Universitas Gunung Rinjani, yang kita inisiasi dan bangun bersama dengan pemuda dusun tibu kesambik, dan tentu atas support dari temen-teman Komunitas Literasi lainnya, alhamdulillah, Taman Baca Masyarakat yang kita beri nama TBM Haqqul Yaqin, Dusun Tibuk Kesambik, Desa Lepak Timur, bisa berdiri, dan bisa kita launching hari ini, ungkap Yusri selaku Mahasiswa KKN UGR dalam sambutanya.


Lanjut ia menyampaikan, meskipun terlihat sederhana, tapi setidaknya, ada wadah untuk masyarakat khususnya adek-adek kita bermain dan belajar bersama, tuturnya.


Dalam kegiatan ini turut hadir dari beragam elemen dan stakeholder terkait untuk ikut serta memberikan atensi dan apresiasi dalam kegiatan tersebut baik dari Mahasiswa KKN, LPPM UGR, Kantor Bahasa Provinsi NTB, Komunitas Sekolah Literasi Rinjani (SLR), UAC Creative Studio, Bale Komik, para kontingen dari berbagai Komunitas Literasi, Pemerintah Desa Lepak Timur, Pemuda dan masyarakat sekitar.


Karomy Wakan S.Pd., M.Pd. selaku Direktur LPPM UGR dalam sambutannya menyampaikan harapannya dengan hadirnya taman baca tersebut mudah-mudahan bisa menjadi manfaat tersendiri bagi desa terlebih khusus Masyarakat Dusun Kesambik.


Karomy juga memberikan pesan untuk terus menggaungkan kegiatan positif tersebut sehingga desa melalui dusunnya bisa lebih berdikari serta menjadi mandiri melalui dusunnya. Sebagaimana kita tau, kemajuan suatu desa tidak bisa lepas dari majunya dusun karena dusun merupakan organisasi terkecil dalam lingkup pemerintahan ungkapnya.


"Pesan kami jangan berhenti sampai disini, karena sering sekali kontinuitas dari keberlangsungan suatu tempat itu paska orang yang menggagas itu tidak ada seringkali tidak bergerak dan tidak berjalan. Semoga dengan adanya taman baca ini teman-teman bisa mewarisi lebih banyak lagi taman baca-taman baca di dusun-dusun yang lain. Sehingga, Desa Lepak Timur ini menjadi desa berliterasi bukan hanya desa menjadi produksi pertanian dan seterusnya", tutupnya. 


Tidak lupa dalam kegiatan tersebut Dr. Puji Retno Hardiningtyas, S.S., M.Hum. selaku Kepala Kantor Bahas Provinsi NTB memberikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut.


Sebagaimana progres dari Kantor Bahasa Provinsi NTB itu sendiri adalah mengefektifkan pengembangan fungsi bahasa Indonesia, daerah dan asing terlebih-lebih bahasa inggris. Dimana ini tercantum dalam trigatra yang menjadi prioritas utama kantor bahasa yakni: 

- Utamakan bahasa Indonesia, 

-Lestarikan bahasa daerah, 

- Kuasai bahasa asing. 


Tentu dengan adanya TBM-TBM ini juga akan membantu mensukseskan program prioritas utama dari Kantor bahasa itu sendiri terlebih-lebih dalam meningkatkan minat baca masyarakat.


Pewarta: Aziz/Yusri 

Editor: BN-01

Iklan