Al-Quran Abad ke-17 dari Indonesia dan India Jadi Koleksi Unggulan di Pameran Khazanah

Al-Quran Abad ke-17 dari Indonesia dan India Jadi Koleksi Unggulan di Pameran Khazanah
Kepala Museum Negeri NTB saat menunjukkan kepada pengunjung tentang koleksi di ruang pameran 


Mataram,(Beritantn.com) - Museum Negeri NTB menggelar pameran khazanah ramadhan dengan menampilkan benda-benda seni islami yang diselenggarakan di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center, Senin (18/04/2024).


Pameran ini merupakan partisipasi museum pada event rutinitas pemerintah Provinsi NTB yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata NTB pada bulan ramadhan sejak tahun 2017.


Pameran khazanah yang bertajuk 'Islam dan Simbol Budaya' ini digelar dalam rangka partisipasi museum pada kegiatan pesona khazanah ramadhan yang di mualai tanggal 18 - 26 maret mendatang.


Kepala Museum NTB, Ahmad Nuralam, S.H., M.H, mengatakan bahwa pihaknya menggelar pameran ini sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait produk kebudayaan berupa benda yang dipengaruhi nilai-nilai agama.


"Kami tampilkan beda-benda koleksi di pameran ini adalah benda yang bernilai budaya dan agama", ungkapnya 


Menurutnya, pameran tersebut pihaknya juga memamerkan Al-quran tulis tangan dari India pada abad ke 17 yang bisa dibandingkan dengan Al-Quran yang dibuat di Indonesia pada abad yang sama sekitar abad ke 17.


"Jadi kami pamerkan ini agar masyarakat dapat membandingkan kedua Al-quran tersebut", terangnya.


Dengan begitu, pameran ini sebagai upaya pihaknya untuk memberikan pengetahuan dan kecintaan masyarakat terhadap kebudayaan yang bernilai islam.


"Kita berharap dalam pameran ini dapat menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat kita terhadap kebudayaan yang bercorak nilai keislaman", harapnya.






Iklan