Museum NTB Lakukan Pelatihan Penaksir Benda Seni Dengan David Thompson

Museum NTB Lakukan Pelatihan Penaksir Benda Seni Dengan David Thompson
Kepala Museum Negeri NTB Ahmad Nuralam, S. H., M. H dan David Thompson 


Mataram, (Beritantb.com) - Museum Negeri NTB melakukan pelatihan peningkatan kapasitas pegiat museum bersama Valuer Benda Seni, David Thompson. Selasa, (05/03/2024). 


Pelatihan yang bertajuk "evaluasi nilai ekonomi pada koleksi benda seni di museum" Ini merupakan upaya penafsiran pada benda koleksi dan nilai dari benda koleksi. 


Valuer Benda Seni, David Thompson dalam materinya menyampaikan bahwa Ada dua cara menaksir nilai ekonomi dari benda seni. Pertama adalah fair price (harga wajar) dan Kedua adalah insurance price. 


Ia mengatakan bahwa nilai wajar tersebut didapat dari perbandingan harga-harga benda setipe yang ditawarkan secara terbuka. 


"Jadi perlu kemampuan menelisik laman-laman terkait yang ada di seluruh dunia. ", jelasnya. 


Selanjutnya ada juga komponen pembeda yaitu kelangkaan, provenance (asal-usul) dan kualitas. 


" Jadi harga asuransi mempertimbangkan jika barang hilang atau rusak maka harus dihitung juga biaya-biaya lain seperti field work", terangnya. 


Sementara itu kepala museum NTB, Ahmad Nuralam, S. H., M. H menyampaikan bahwa pelatihan ini penting bagi museum NTB karena nilai yang diperoleh pada saat itu tentu sudah berubah sesuai dengan perkembangan sekarang.Sehingga pihaknya perlu melakukan penaksiran ulang terhadap benda-benda koleksi yang dimiliki oleh museum NTB. 


"Jadi kami sangat berterimakasih kerja sama antara museum NTB dengan Museum North art galery, Australia", ungkapnya.

Iklan