Museum NTB Terima Hibah Lembaran Al-Quran Abad ke-17 Asal India

Museum NTB Terima Hibah Lembaran Al-Quran Abad ke-17 Asal India
Museum NTB Terima Hibah Lembaran Al-Quran Abad ke-17 Asal India


Mataram,(Beritantb.com) - Museum Negeri NTB menerima hibah lembaran Al-Qur'an pada abad ke 17 yang berasal dari India. Selasa, 05/03/2024, di ruang rapat Tambora. 


Al- Qur'an yang ditulis tangan ini sebelumnya dimiliki oleh seorang kolektor seni, Michael Abbott yang ditemukan di Pulau Jawa, dan kemudian dihibahkan ke Museum NTB. 


Michael Abbott ini meruapakan seorang kolektor terkenal di Australia yang banyak sekali menghibahkan benda-benda seni ke museum di Australia dan dia tertarik untuk menyerahkan koleksi ini kepada museum NTB. 


Penyerahan hibah lebaran Alquran tersebut langsung diserahkan oleh Emeritus Kurator Museum and Art Gallery of the Nothern Territory, James Bennett kepada kepala Museum NTB, Ahmad Nuralam. 


Kepala Museum NTB Ahmad Nuralam, S. H., M. H menyampaikan terimakasih kepada Mr. Michael Abbott karena sudah mempercayai museum NTB untuk menyimpan benda tersebut. 


"Kami sangat apresiasi artinya kolektor luar negeri mempercayai kita", tuturnya. 


Ia mengatakan bahwa dengan adanya hibah dari kolektor luar negeri kepada mussum, dapat menjadi aspirasi bagi masyarakat NTB untuk menghibahkan koleksi benda-benda seni di Museum NTB. 


"Mudah-mudahan ini menjadi aspirasi masyarakat untuk mau menghibahkan koleksinya kepada museum", harapnya.

Iklan