Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat mengadakan Rapat Capaian Kinerja Triwulan I Tahun 2024.

 

Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat mengadakan Rapat Capaian Kinerja Triwulan I Tahun 2024.
Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si didampingi Sekretaris Dinas Perdagangan NTB, H. Heri Agustiadi, S.Sos., MM.,


Mataram,(Beritantb.com) - Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat mengadakan Rapat Capaian Kinerja Triwulan I Tahun 2024 bersama Rekan-rekan Media di Ruang Rapat Dinas Perdagangan NTB pada Rabu, 03/042/024.


Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti, AP., M.Si didampingi Sekretaris Dinas Perdagangan NTB, H. Heri Agustiadi, S.Sos., MM., membahas mengenai kinerja Dinas Perdagangan NTB periode Triwulan I (Januari – Maret) dengan target Dinas Perdagangan yaitu terjaganya stabilitas harga kebutuhan pokok serta terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Sektor Perdagangan.


Hal tersebut didukung dari laporan setiap Kepala Bidang dan UPTD, seperti Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam negeri (PPDN) membahas mengenai Operasi Pasar Murah yang telah dilaksanakan sebanyak 32 kali di seluruh kabupaten/kota se-NTB selama Triwulan I dan menginformasikan bahwa hingga minggu ke-4 Bulan Maret 2024 ketersediaan BAPOK menunjukkan trend positif dimana komoditas kebutuhan pokok mengalami surplus.


Kemudian Bidang Pengembangan Perdagangan Luar Negeri (PPLN) yang menyampaikan mengenai pertumbuhan ekspor non tambang NTB di Bulan Januari – Februari 2024 dibanding tahun sebelumnya (Januari – Februari 2023) mengalami pertumbuhan sebesar 351% dengan Mutiara dan Buah Manggis menjadi penyumbang terbesar komoditi yang diekspor.


Lebih lanjut, Bidang Perlindungan Konsumen yang telah menangani 8 sengketa konsumen di 4 BPSK se-NTB periode Triwulan I serta Bidang Perizinan dan Tertib Niaga yang telah bekerja sama dengan Disdag Kota Mataram, Dikes dan BPOM dalam melakukan intensifikasi pengawasan terpadu Ramadhan dan Idul Fitri di sentra takjil Pagutan, Tembolak dan Jalan Majapahit.


Dinas Perdagangan NTB juga mengampu Program Unggulan Daerah “Bela Beli Produk Lokal” yaitu NTB Mall yang dikelola melalui UPTD Balai Promosi dan Pemasaran Produk Unggulan Daerah (BP3UD) yang pada Maret lalu telah membuka gerai ke-5 di Ciputra World Mall Jawa Timur.

Iklan