Jelang Pimilu/Pilkada 2024, Dewan Pers Beri Pembekalan Dan Pemahaman Kepada Wartawan

Jelang Pimilu/Pilkada 2024, Dewan Pers Beri Pembekalan Dan Pemahaman Kepada Wartawan
Kegiatan Workshop Peliputan Pemilu/Pilkada 2024 di Nusa Tenggara Barat 




Mataram,(Beritantb.com) - Untuk meningkatkan kemampuan dan kesamaan pemahaman, Dewan Pers menggelar Workshop Peliputan Pemilu/Pikada 2024 di Prime Park Hotel Mataram, Selasa, (23/04/2024).


Kegiatan itu dihadiri Wakil Ketua Dewan Pers, Anggota Dewan Pers, Perwakilan KPU NTB, Bawaslu NTB, KPID NTB serta puluhan wartawan dan pimpinan media serta organisasi media yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB). Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua Dewan Pers Dr Muhamad Agung Dharmajaya.


Wakil Ketua Dewan Pers menyampaikan bahwa sebentar lagi Pemilu/Pilkada akan dilaksanakan akhir November 2024 dan berlangsung serentak di 545 Daerah. 


"Adapun rincian yang melaksanakan Pemilu/Pilkada 2024, 37 Provinsi, 415 Kabupaten dan 93 Kota.", ungkapnya.


Dewan Pers berharap para wartawan atau kalangan pers ikut menyukseskan dengan menjadikan pemberitaan sesuai kode etik jurnalistik.


“Informasi yang disampaikan kepada publik bernuansa eduksi bukan sebaliknya memprovokasi, ” katanya.


Menurutnya, Pilpres menyisakan residu dan suasana gaduh. Namun suka atau tidak suka, hasil keputusan MK yang menolak permohonan pasangan 01 dan 03 harus diterima semua pihak.


 ”Tugas kita sebagai wartawan menyampaikan informasi yang benar agar publik memahami kondisi yang sebenar benarnya. Jangan sampai pers dianggap ikut membuat gaduh, ” ujarnya.


Ia juga berpesan di Pilkada mendatang, wartawan juga berperan penting dalam mengedukasi masyarkat. Termasuk yang sangat penting mengulas lebih jauh profil para calon gubernur dan bupati serta walikota yang mencalonkan diri. Tujuannya agar masyarakat mengenal calon bersangkutan.


 “Jarang sekali sepak terjang para calon menjadi angel liputan para wartawan,” ucapnya.


Iklan