Rahasia Kesuksesan: Membangun Kebiasaan Kecil Untuk Perubahan Besar

Rahasia Kesuksesan: Membangun Kebiasaan Kecil Untuk Perubahan Besar
Muhammad Rozikul Khaer


Oleh : Muhammad Rozikul Khaer 

Departemen Kemahasiswaan Bidang PTKP HMI Komisariat Dakwah UIN Mataram 


Kesuksesan merupakan suatu hal yang sangat di impi-impikan oleh semua orang. Tapi untuk menjadi orang sukses tentu memiliki banyak proses dan banyak tantangan yang harus dilewati, harus siap menderita dan harus siap menerima konsekuensi dari langkah atau proses dalam menuju kesukesesan itu sendiri. sehingga penting untuk membangun kebiasaan kecil untuk suatu perubahan yang besar. 


Tapi apakah pernah terbesit pikiran mengenai proses atau langkah-langkah menuju kesusesan itu sendiri? Karena untuk melakukan perubahan yang besar perlu dan harus melukan tindakan yang keluar dari zona nyaman itu sendiri, seperti harus mengurasi bermain gadget, bermain dengan teman, dan kegiatan-kegian yang setiap hari yang di lakukan dan tidak terlalu produktif untuk masa depan kita sendiri. 


 Langkah-langkah Membangun Perubahan


Untuk menjadi orang sukses atau untuk melakukan perubahan yang besar, tentu memerlukan banyak usaha dan semangat pantang menyerah. Tapi dengan cara seperti itu tidak cukup, kita perlu membutuhkan cara lain yang lebih mudah untuk melakukan perubahan dan menjadi orang yang sukses. Kita pasti tau bahwa untuk menjadi orang sukses tidak mudah dan tidak seperti membolak balikkan telapak tangan. Tidak mudah mengujudkan perubahan yang besar, kecuali kita sudah memiliki privilage yang membuat hidup kita berjalan lebih mudah dari seharusnya. 


Namun jika kita tidak memiliki hal tersebut tentu memerlukan langkah-langkah atau suatu usaha yang besar. Buku yang berjudul tentang Atonomic Habits yang di tulis oleh James Clear menawarkan cara untuk kita menjadi orang yang sukses degan cara membangun kebiasaan-kebiasaan kecil untuk perubahan yang besar. Namun cara-cara itu sering sekali kita remehkan padahal itu yang akan merubah kita untuk melakukan perubahan yang sangat besar. Pasti banyak orang yang mengira bahwa untuk menjadi sukses harus melakukan perubahan-perubahan besar, namun pakar perubahan yang terkenal di dunia yaitu James Clear telah mengemukakan cara lain, yaitu perubahan nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil. Seperti dari membaca buku dua lembar sehari, bangun lima menit lebih awal, sampai menahan sebentar hasrat untuk menelepon. Ia menyebut semua tadi atomic habits.


Apa yang kita alami atau keluhkan hari ini adalah bentuk daripada tingkah laku atau kebiasaan yang kita lakukan dulu. Perlu untuk memilih dan memilah kebiasaan-kebiasaan mana yang baik untuk perkembangan kita. Jadi tindakan-tindakan kecil yang kita bangun atau kita mulai lakukan seperti di atas, itu yang akan merubah dan berdampak besar untuk masa depan kita. Banyak orang-orang yang ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya dan dengan membangun kebiasaan seperti di atas kita bisa memulainya. Membangun kebiasan kebiasan baik dan mulai menghilangkan kebiasan-kebiasaan yang tidak terlalu penting dalam hidup kita. 


 Tips membangun kebiasaan


Jadi ada beberapa rujukan yang di tawarkan James Clear dalam bukunya yang berjudul Atomic Habits untuk mengubah hidup menjadi sukses dengan cara membangun perubahan kecil untuk perubahan yang besar yaitu:


Pertama, Menjadikan Kebiasaan Lebih Clear Dan Realistis


Sebelum kita menciptakan dan membangun kebiasaan kecil perlu untuk melihat dan memilih kembali bahwa itu adalah kebiasaan yang realistis juga sangat clear kedepannya akan seperti apa, kalau sudah kita sudah bener-bener yakin dengan hal itu kita bisa pokus membangunnya dan memberikan waktu untuk kapan memulai dan kapan berhenti. waktu-waktu ini kita menjadi tau kapan akan memulai dan kapan harus berhenti, lalu itu yang akan menjadi “habits stacking” kita kedepannya. Membiasakan diri untuk melakukan hal-hal kecil terlebih dahulu dan jangan terlalu gegabah. 


Kedua, Menjadikan Kebiasaan Kita Lebih Mudah Dan Menarik


Menjadikan lingkungan pertemanan kita influencer, dimana teman kita menjadi pengaruh untuk membangun atau menjadi support system bagi kita. Kita bisa menentukan sendiri lingkungan pertemanan kita untuk membantu kemudahaan seperti kita bisa berteman dengan orang-orang yang memiliki kesamaan kebiasaan yang sama, misalnya kita ingin membangun dan mengembangkan kebiasaan dalam membaca, baik membaca artikel, jurnal, dan buku, nah kalian bisa mengadopsi kebiasaan teman-teman kalian yang aktif dan gemar dalam membaca.


Ketiga,Menjadikan Kebiasaan Lebih Memuaskan


Memuaskan dalam hal ini adalah kita bisa merasakan mamfaat dan wujud dari kebiasaan yang kita lakukan. Kita bisa melihat dan merasakan dampak dari kebiasaan kita ini, seperti kebiasaan untuk membaca secara rutin dan mendapatkan bentuk efek dari apa yang sudah kita baca, seperti bisa berpikir secara sebab akibat, berpikir secara bijak sana, dan lain sebagainya. 


Walaupun tingkat kepuasaan seseorang berbeda-beda. Namun hal ini bisa menjadi motivasi kita untuk mencapai goals atau tujuan kita. Jadi tawarann-tawaran yang di kemukan oleh James Clear di atas, bisa kita jadikan sebagai rujukan untuk membangun kebisaan-kebiasaan kecil untuk perubahan yang besar. Dengan cara melaukan tindakan-tidakan kecil terlebih dahulu. Seperti membiasakan diri untuk bangun lima menit lebih awal, membaca buku dua lembar setiap hari, dan mengurangi untuk bermain gadget. Jika semua itu bisa kita terapkan secara konsisten pasti akan sangat berpotensi untuk merubah diri kita sendiri.

Iklan