Kerajaan Arab Saudi Undang Museum NTB Untuk Pameran Dunia Islam

 

Kerajaan Arab Saudi Undang Museum NTB Untuk Pameran Dunia Islam
Surat Undangan Dari Kerajaan Arab Saudi untuk Museum Negeri NTB agar mengikuti pameran dunia Islam 


Mataram,(Beritantb.com) - Kerajaan Arab Saudi menyampaikan undangan kepada Museum Negeri Nusa Tenggara Barat melalui Nota Diplomatik Kementrian Luar Negri terkait pameran dunia Islam.


Nota diplomatik tersebut ditujukan kepada Museum NTB untuk berpartisipasi dalam edisi kedua Islamic Arts Biennale (IAB) yang akan diselenggarakan oleh Diriyah Biennale Foundation di Jeddah, Arab Saudi pada Januari hingga Mei 2025 mendatang.


Kementrian Luar Negeri Indonesia yang ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Plt. Direktur Timur Tengah, T.B.H Witjaksono Adji menyampaikan agar Museum Negeri NTB dapat berpartisipasi dalam pameran dunia islam yg diselenggarakan pada musim haji tahun 2025.


IAB 2025 tersebut di antarannya akan mencakup pelaksanaan forum Almadar yang akan mempertunjukan seni Islami, termasuk pameran berbagai koleksi, pertunjukan ide dan collective learning dunia seni Islami.  


Kepala Museum NTB, Ahmad Nuralam menyampaikan terimakasih kepada Kerajaan Arab Saudi yang telah mengundang pihaknya untuk berpartisipasi dalam pameran internasional 2025.


Ia mengatakan bahwa pihaknya telah siap dan bersedia mengikuti Islamic Arts Biannale edisi kedua di Arab Saudi.


"Kami sangat berterimakasih kepada Kerajaan Arab Saudi. Kami sudah siap mengikuti pameran seni Islami di Arab Saudi", ungkapnya setelah menerima surat undangan pada Selasa, 23/04/2024 di Mataram.


Ia mengatakan bahwa terkait dengan persiapan, pihaknya sudah melakukan tahap seleksi materi pameran dan sedang menyusun naskah kuratorial berdasarkan garis besar tema yang telah disetujui kurator.


"Terkait persiapan, kami sudah melakukan beberapa tahap seleksi materi pameran yang sudah disetujui oleh kurator", ujarnya.


Ia juga mengatakan bahwa mengenai kemajuan persiapan pameran, sejauh ini pihaknya terus melakukan komunikasi dan diskusi dengan dengan panitia penyelenggara.


"Selanjutnya mengenai informasi kemajuan, kami akan melakukan komunikasi dengan pihak penyelenggara", tuturnya.


Lebih lanjut Ia berharap dengan keterlibatan museum NTB di pameran Internasional ini dapat menjadikan NTB lebih mendunia melalui sejarah dan kebudayaan.


"Kami berharap dengan pameran ini dapat membawa kebudayaan NTB mendunia dan diketahui oleh masyarakat internasional", harapnya.

Iklan