Hasil Final LCCM Museum NTB: SMPN 1 Sakra Juara

Hasil Final LCCM Museum NTB: SMPN 1 Sakra Juara
Final Lomba Cerdas Cermat Museum.


Mataram,(Beritantb.com) - SMP Negeri 1 Sakra Lombok Timur berhasil menjadi juara Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat SMP/MTS Provinsi NTB setelah sukses memperoleh nilai 2700 point dalam babak final yang digelar di Aula Samalas Museum NTB. Rabu,5/06/2024. 


Kompetisi final LCCM yang diselenggarakan oleh Museum NTB ini dilakukan berdasarkan tiga babak yaitu babak soal wajib, babak salah benar dan babak rebutan dengan masing-masing soal berjumlah 16 soal. 


Dalam kompetisi ini peserta saling mendominasi berebutan point. SMP 1 Sakra berhasil menjadi pemenang setelah berhasil mempertahankan 2700 point di akhir babak, dan SMP 2 Mataram meraih juara 2 dengan nilai 2650 point. Sementara SMP 1 Sumbawa Besar berhasil meraih juara 3 dengan nilai 2400 point disusul harapan 1, MTs N 1 Kota Bima dengan perolehan nilai 2100 point. 


Kepala Museum NTB, Ahmad Nuralam, S.H., M.H menyampaikan terimakasih kepada peserta yang sudah mengikuti kompetisi LCCM 2024. Hal ini merupakan suatu kebanggaan karena selama tiga hari lomba mereka telah belajar tentang nasionalisme, mulai dari perjalanan bangsa, budaya bangsa, dan sejarah bangsa. 


"Terimakasih kepada semua peserta lomba. Mudah-mudahan dengan cara ini dapat membuat generasi kita lebih mencintai nilai-nilai nasionalisme", ucapnya. 


Ia mengatakan bahwa dalam final LCCM tahun ini, Untuk mentukan pemenang sangat luar biasa. Karena menurutnya point yang diraih oleh ke empat tim tetsebut selisihnya sangat sedikit. Karena hanya selisih 50 point antara peserta juara 1 dan juara 2. 


"Jadi dalam lomba ini selesinya sedikit. Hanya seleisih 50 antara juara 1 dan 2", tuturnya. 


Dengan begitu Ia mengatakan bahwa dengan doa dan perjuangan dari peserta final LCCM ini telah menunjukan tekad mereka yang kuat untuk meraih kemenangan. Namun diantara perlombaan ada menang dan kalah. 


"Jadi saya ucapkan selamat kepada pemenang SMP 1 Sakra. Hasil ini merupakan doa dan perjuangan yang tak kenal lelah. Dengan perjuangan inilah yang dapat membawa mereka ke LCCM nasional", ujarnya. 


Lanjut, Ia berharap kepada peserta yang meraih juara LCCM Provinsi NTB untuk mempersiapkan diri mereka agar megikuti LCCM tingkat nasional pada bulan November mendatang. Karena tahun sebelumnya, target perwakikan NTB adalah 6 besar, dan untuk tahun ini adalah 4 besar. 


"Kami harapkan untuk juara agar siapkan diri untuk mewakili provinsi. Karena target kita adalah masuk 4 besar", harapnya. 


Dengan begitu pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lotim agar melakukan bimbingan dan pelatihan mental peserta, sehingga nantinya peserta mempunyai mental dan komitmen menjadi juara di tingkat Nasional. 


"Jadi kami akan lakukan koordisasi untuk melatih mental meraka agar mereka tidak gugup dan mempunyai semangat yang tinggi dalam perlombaan nanti", pungkasnya.

Iklan