Komitmen Nyata BBPOM Di Mataram Dukung Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024 Di Kabupaten Lombok Barat.


Komitmen Nyata BBPOM Di Mataram Dukung Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Tahun 2024 Di Kabupaten Lombok Barat.
Pencegahan Stunting Posyandu Melati I, Desa Taman Sari, Kecamatan Gunung Sari - Kabupaten Lombok Barat


Gunung Sari,(Beritantb.com) - Menindaklanjuti arahan Bapak Wakil Presiden RI terkait lntervensi Serentak Pencegahan Stunting (ISPS), Balai Besar POM (BBPOM) di Mataram berkolaborasi dengan BKKBN Provinsi NTB, TP PKK Provinsi NTB dan Puskemas Penimbung melakukan intervensi terpadu di Posyandu Melati I, Desa Taman Sari, Kecamatan Gunung Sari - Kabupaten Lombok Barat. Kamis (13/06/2024)


lntervensi Serentak Pencegahan Stunting (ISPS) merupakan aksi serentak terpadu untuk pencegahan stunting melalui pendataan, pendampingan, penimbangan, pengukuran, edukasi, validasi dan intervensi bagi seluruh calon pengantin, ibu hamil dan balita secara berkelanjutan yang dilaksanakan pada bulan Juni 2024 di seluruh provinsi di Indonesia. Sasara utama ISPS adalah Calon Pengantin, Ibu Hamil dan Balita.


Tujuan pelaksanaan ISPS adalah meningkatan kunjungan dan cakupan sasaran ke Posyandu, mendekteksi dini masalah gizi, memberikan edukasi pencegahan stunting kepada seluruh sasaran dan melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi.


Kepala BBPOM di Mataram, Yosef Dwi Irwan yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa stunting merupakan permasalahan nasional yang penanggannya harus komprehensif dan terpadu, setiap elemen bangsa harus mengambil peranan aktif untuk menurunkan prevalensi stunting. 


“Stunting akan berdampak pada tumbuh kembang fisik dan intelektual anak, hal ini akan mempengaruhi daya saing bangsa kedepannya. Menjadi kewajiban kita bersama, terutama Pemerintah untuk memastikan ketersediaan serta terpenuhinya pangan yang aman, bermutu dan bergizi guna mendukung daya saing generasi penerus untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045” ungkap Yosef


Selain memberikan edukasi langsung terkait Keamanan Pangan (5 Kunci Keamanan Pangan, Waspada Bahan Berbahaya Dalam Pangan), Cek KLIK dan BPOM Mobile, BBPOM di Mataram juga menyerahkan paket pencegahan stunting berupa telur dan garam beryodium kepada 86 sasaran yang terdiri dari balita, ibu hamil dan lansia yang hadir dalam kegiatan ISPS tersebut.

Iklan